Cari Blog Ini

Jumat, 29 Januari 2010

SEJARAH GERAKAN PRAMUKA DUNIA



Pendiri Gerakan Pramuka dunia adalah Baden Powell beliau lahir pada tanggal 22 februari 1857 di London. Nama sesungguhnya adalah Robert Stephenson Smith, sedangkan nama baden powell adalah nama ayahnya, seorang professor geometri di Universitas Oxford, yang meninggal ketika Stephenson masih kecil.
Pengalaman-pengalam baden powell sejak kecil yang berpengaruh pada adanya kegiatan kepramukaan banyak sekali dan cukup menarik, diantaranya :
a. Ditinggal mati bapaknya sejak kecil dan mendapat pembinaan watak dari ibunya. Sifat kasih sayang seorang ibulah yang berhasil membina, mengembangkan kepramukan dengan semangat, jiwa kasih sayang yang berkepantasan.
b. Latihan ketrampilan berlayar, berenang, berkemah dan lain-lain.
c. Sifat baden powell yang selalu gembira, lucu, cerdas, suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang dan menggambar.
d. Pengalaman terkepung Bangsa Boer di Kota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari dan kekurangan makan. Bagaimana bisa bertahan hidup dan mengalahkan kerajaan Zulu di Afrika serta mengambil kalung manik milik Raja Dinizulu.
Pengalaman tersebut ditulisnya dalam buku berjudul “Aids To Scouting”. Buku tersebut ditulis untuk memberi petunjuk pada tentara muda inggris agar dapat melakukan tugas penyelidikan dengan baik. Tuan William smith sebagai salah seorang pimpinan Boys Brigade meminta baden powell agar melatih 21 orang anggotanya yang didatangkan dari seluruh wilayah negeri inggris. Dan kemudian diajak berkemah dan berlatih dipulau Brownsea pada tanggal 25 juli 1907 selama 8 hari. tahun 1910 baden powel pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Beliau mendapat title Lord dari Raja George pada tahun 1912. Baden powell menikah dengan Olave St. Clair soames pada tahun 1912 dan dianugerahi tiga orang anak. Baden powell meninggal pada tanggal 9 Januari 1941 di Nyeri, Afrika.
By. Benni Ismail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar